Profil MM UGM
VISI
Menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia dan sangat dihormati di Asia Tenggara dalam memajukan pengetahuan bisnis dan mempromosikan praktik bisnis yang berkelanjutan dan etis
Menjadi sekolah bisnis terbaik di Indonesia dan sangat dihormati di Asia Tenggara dalam memajukan pengetahuan bisnis dan mempromosikan praktik bisnis yang berkelanjutan dan etis
MISI
Mengembangkan pemimpin bisnis transformasional yang memiliki
kapabilitas untuk membuat keputusan secara etis dan kreatif dalam memajukan
masyarakat
SYARAT PENDAFTAR PROGRAM S2 MAGISTER
MANAJEMEN UGM:
1.
Mempunyai ijazah S1 atau
DIV.
2.
Mempunyai IPK S1 sebagai
berikut:
≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B.
Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan
dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi. Apabila dokumen Akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B.
Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan
dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi. Apabila dokumen Akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
3.
Khusus pendaftar lulusan
luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
4.
Mempunyai nilai Tes
Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes
Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dibuktikan dengan
sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal
dikeluarkannya sertifikat;
5.
Mempunyai nilai tes
kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu
maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan
bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
·
Academic English
Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
·
International
English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh
IDP, atau;
·
Internet-Based
(iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
·
Institutional
Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh
IIEF.
PROSEDUR PENDAFTARAN MM UGM:
1.
Menyerahkan semua berkas
pendaftaran pada poin 8 (hardcopy dan softcopy) dilampiri dengan formulir
pendaftaran yang sudah diisi (disediakan oleh MM FEB UGM) dan foto berwarna 3x4
sebanyak 4 lembar serta fofokopi KTP sebanyak 1 lembar.
2.
Pendaftar
yang belum mempunyai
nilai TPA dan TBI Membayar biaya tes PAPS dan AcEPT:
- Tes PAPS biaya Rp. 150.000,00 dibayarkan ke No. Rek. 98888 0207 416 0003 an. UGM FEB MM PENERIMAAN LAYANAN MM.
- Tes AcEPT biaya Rp. 125.000,00 dibayarkan secara host to host dengan Kode Pembayaran: 4141ddmmyyyy (Tgl. Lahir).
- Tes PAPS biaya Rp. 150.000,00 dibayarkan ke No. Rek. 98888 0207 416 0003 an. UGM FEB MM PENERIMAAN LAYANAN MM.
- Tes AcEPT biaya Rp. 125.000,00 dibayarkan secara host to host dengan Kode Pembayaran: 4141ddmmyyyy (Tgl. Lahir).
3.
(Jika pembayaran host
to host belum dibuka) Pendaftar membayar biaya pendaftaran Rp. 750.000,- ke
Bank: BNI 46 No. Rek. 9888802071130644 Nama: FEB MM Titipan Pendaftaran
Calon Mahasiswa.
4.
(Jika pembayaran host
to host sudah dibuka) Pendaftar membayar biaya pendaftaran Rp. 750.000,-.
Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN
dengan kode pembayaran 982. Saudara tidak perlu menggunakan slip setoran, cukup
menyebutkan kode pembayaran diikuti dengan tanggal lahir calon pendaftar dengan
format ddmmyyyy, misalnya: calon pendaftar yang tanggal lahirnya 4 Maret
1981, kode pembayarannya 98204031981.
5.
Apabila transaksi
berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran
yang memuat password untuk mendaftar secara online.
6.
Pendaftaran calon
mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online di http://um.ugm.ac.id/ (Jadwal pendaftaran
online akan diinformasikan menyusul).
7.
Siapkan semua dokumen
yang dipersyaratkan.
Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
8.
Siapkan scan dokumen
berikut dalam format *.pdf (kecuali dokumen foto dalam format *.jpg) dengan
ukuran minimal 50 kb dan maksimal 200 kb (file gambar dapat dibaca dengan jelas
guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :
No
|
Dokumen
|
1
|
Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap
kamera.
|
2
|
Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal
|
3
|
Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan
legal
|
4
|
Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini)
jenjang pendidikan yang terakhir
|
5
|
Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes
Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku
|
6
|
Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku.
Sertifikat yang diakui adalah:
o Academic English
Proficiency Test (AcEPT) UGM atau;
o IELTS dari institusi
yang diakui oleh IDP atau;
o TOEFL Internet-Based
(IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF atau;
o TOEFL Institutional
Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF
|
7
|
Rekomendasi dari 2 (dua) orang atasan/dosen yang bersangkutan
pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik. http://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2013/FORM_KELAYAKAN_AKADEMIK.pdf
|
8
|
Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah
sakit
|
9
|
Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana
yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah
selesai kuliah. http://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2013/FORM_PROYEKSI_KEINGINAN.pdf
|
10
|
Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja. http://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/2014/FORM_IZIN_BELAJAR.pdf
|
MATERI TES SELEKSI MAGISTER MANAJEMEN UGM
Tes Pengetahuan Dasar
Tes Pengetahuan Dasar diperuntukkan bagi calon mahasiswa yg berlatar belakang S1 Ekonomi. Tes ini mengevaluasi pengetahuan dan kemampuan dasar peserta mengenai manajemen, bisnis, ekonomi, matematika dan statistik. Peserta yg dinyatakan lolos tes ini, tidak perlu mengikuti Program Pra-MBA atau matrikulasi.
Materi tes:
1. Introduction to Business: 30 pertanyaan (45 menit)
2. Introductory Economics for Managers: 30 pertanyaan (45 menit)
3. Introduction to Financial Management: 30 pertanyaan (45 menit)
4. Statistics for Business Decision: 30 pertanyaan (45 menit)
Tes Pengetahuan Dasar diperuntukkan bagi calon mahasiswa yg berlatar belakang S1 Ekonomi. Tes ini mengevaluasi pengetahuan dan kemampuan dasar peserta mengenai manajemen, bisnis, ekonomi, matematika dan statistik. Peserta yg dinyatakan lolos tes ini, tidak perlu mengikuti Program Pra-MBA atau matrikulasi.
Materi tes:
1. Introduction to Business: 30 pertanyaan (45 menit)
2. Introductory Economics for Managers: 30 pertanyaan (45 menit)
3. Introduction to Financial Management: 30 pertanyaan (45 menit)
4. Statistics for Business Decision: 30 pertanyaan (45 menit)
Tes Potensi Akademik
Tes Potensi Akademik Program Pascasarjana (PAPS) adalah sebuah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan peserta dalam hal pengetahuan umum, logika dan analisis. Peserta tidak diwajibkan menempuh tes ini apabila telah memiliki nilai Tes Potensi Akademik dari lembaga yang direkomendasikan oleh UGM.
Materi tes:
1. Verbal: 40 pertanyaan (25 menit)
2. Quantitative: 40 pertanyaan (40 menit)
3. Logical: 40 pertanyaan (40 menit)
Tes Potensi Akademik Program Pascasarjana (PAPS) adalah sebuah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan peserta dalam hal pengetahuan umum, logika dan analisis. Peserta tidak diwajibkan menempuh tes ini apabila telah memiliki nilai Tes Potensi Akademik dari lembaga yang direkomendasikan oleh UGM.
Materi tes:
1. Verbal: 40 pertanyaan (25 menit)
2. Quantitative: 40 pertanyaan (40 menit)
3. Logical: 40 pertanyaan (40 menit)
Tes Bahasa Inggris
Academic English Proficiency Test (AcEPT) adalah sebuah tes bahasa Inggris yang didesain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dalam kaitannya dengan dunia akademik. Tes ini menguji kemampuan membaca (reading comprehension), komposisi (composing skills), kemahiran menyimak (listening comprehension), pengetahuan tatabahasa (structure), dan kosa kata (vocabulary). Hasil tes AcEPT digambarkan dengan menggunakan skor kisaran 61 – 426. Untuk Program S2, skor minimal yang ditetapkan adalah 209 atau setara dengan 450 untuk Tes TOEFL. Peserta tidak diwajibkan menempuh tes ini apabila telah memiliki nilai TOEFL Institusional atau IELTS dari lembaga yang direkomendasikan oleh Universitas Gadjah Mada.
Academic English Proficiency Test (AcEPT) adalah sebuah tes bahasa Inggris yang didesain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dalam kaitannya dengan dunia akademik. Tes ini menguji kemampuan membaca (reading comprehension), komposisi (composing skills), kemahiran menyimak (listening comprehension), pengetahuan tatabahasa (structure), dan kosa kata (vocabulary). Hasil tes AcEPT digambarkan dengan menggunakan skor kisaran 61 – 426. Untuk Program S2, skor minimal yang ditetapkan adalah 209 atau setara dengan 450 untuk Tes TOEFL. Peserta tidak diwajibkan menempuh tes ini apabila telah memiliki nilai TOEFL Institusional atau IELTS dari lembaga yang direkomendasikan oleh Universitas Gadjah Mada.
Materi tes:
1. Listening Comprehension: 20 pertanyaan (15 menit)
2. Vocabulary: 30 pertanyaan (10 menit)
3. Grammar and Structure: 40 pertanyaan (30 menit)
4. Reading Comprehension: 40 pertanyaan (40 menit)
5. Composing Skills: 40 pertanyaan (40 menit)
1. Listening Comprehension: 20 pertanyaan (15 menit)
2. Vocabulary: 30 pertanyaan (10 menit)
3. Grammar and Structure: 40 pertanyaan (30 menit)
4. Reading Comprehension: 40 pertanyaan (40 menit)
5. Composing Skills: 40 pertanyaan (40 menit)
Tes Wawancara
Peserta yang telah menempuh tes tertulis dan berhasil memperoleh nilai sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh MMUGM, selanjutnya akan dipanggil untuk mengikuti tes tahap berikutnya, yaitu tes wawancara. Hasil tes wawancara ini akan memberikan gambaran umum mengenai kepribadian, motivasi dan kemampuan peserta dalam mengikuti Program S2. Aspek penilaian dalam tes wawancara meliputi penampilan dan sikap ketika wawancara, kejernihan pola pikir, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, motivasi menempuh pendidikan, komitmen terhadap proses pembelajaran, pengembangan diri dan karir, serta wawasan tentang bisnis dan ekonomi.
Peserta yang telah menempuh tes tertulis dan berhasil memperoleh nilai sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh MMUGM, selanjutnya akan dipanggil untuk mengikuti tes tahap berikutnya, yaitu tes wawancara. Hasil tes wawancara ini akan memberikan gambaran umum mengenai kepribadian, motivasi dan kemampuan peserta dalam mengikuti Program S2. Aspek penilaian dalam tes wawancara meliputi penampilan dan sikap ketika wawancara, kejernihan pola pikir, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, motivasi menempuh pendidikan, komitmen terhadap proses pembelajaran, pengembangan diri dan karir, serta wawasan tentang bisnis dan ekonomi.
MMUGM memutuskan hasil
penerimaan berdasarkan pada hasil tes seleksi tertulis dan tes wawancara.
Bentuk keputusannya adalah:
1.
Diterima Penuh di
Program Reguler atau Internasional
2.
Diterima Bersyarat,
apabila peserta dinyatakan lolos tes wawancara akan tetapi belum memenuhi nilai
yang disyaratkan
3.
Tidak Diterima.
Biaya
Kuliah Magister Manajemen (MM UGM)
Kampus Yogyakarta
KELAS REGULER
Termin
Pembayaran
|
Jatuh
Tempo Pembayaran
|
Jumlah
(Rupiah)
|
I
|
Saat daftar ulang
|
16.000.000
|
II
|
Sebulan sebelum Semester 1
|
16.800.000
|
III
|
Sebulan sebelum Semester 2
|
16.800.000
|
IV
|
Sebulan sebelum Semester 3
|
16.800.000
|
Total
|
66.400.000*
|
KELAS REGULER PROGRAM INTERNASIONAL
Termin
Pembayaran
|
Jatuh
Tempo Pembayaran
|
Jumlah
(Rupiah)
|
I
|
Saat daftar ulang
|
16.000.000
|
II
|
Sebulan sebelum Semester 1
|
19.500.000
|
III
|
Sebulan sebelum Semester 2
|
19.500.000
|
IV
|
Sebulan sebelum Semester 3
|
19.500.000
|
Total
|
74.500.000*
|
KELAS EKSEKUTIF
Termin
Pembayaran
|
Jatuh
Tempo Pembayaran
|
Jumlah
(Rupiah)
|
I
|
Saat daftar ulang
|
17.000.000
|
II
|
Sebulan sebelum Semester 1
|
14.850.000
|
III
|
Sebulan sebelum Semester 2
|
14.850.000
|
IV
|
Sebulan sebelum Semester 3
|
14.850.000
|
V
|
Sebulan sebelum Semester 4
|
14.850.000
|
Total
|
76.400.000*
|
Keterangan:
*Estimasi biaya
pendidikan selama masa studi normal.
*Biaya buku dan wisuda
tidak termasuk dalam biaya tersebut di atas.
Kampus Jakarta
Kelas Reguler
Termin
Pembayaran
|
Jatuh Tempo
Pembayaran
|
Jumlah
(Rupiah)
|
I
|
Saat daftar ulang
|
21.250.000
|
II
|
Sebulan sebelum Semester 1
|
21.800.000
|
III
|
Sebulan sebelum Semester 2
|
21.800.000
|
IV
|
Sebulan sebelum Semester 3
|
21.800.000
|
Total
|
86.650.000
|
Kelas Reguler Internasional
Termin
Pembayaran
|
Jatuh Tempo
Pembayaran
|
Jumlah
(Rupiah)
|
I
|
Saat daftar ulang
|
28.750.000
|
II
|
Sebulan sebelum Semester 1
|
29.300.000
|
III
|
Sebulan sebelum Semester 2
|
29.300.000
|
IV
|
Sebulan sebelum Semester 3
|
29.300.000
|
Total
|
116.650.000
|
Kelas Eksekutif A
Termin
Pembayaran
|
Jatuh Tempo
Pembayaran
|
Jumlah
(Rupiah)
|
I
|
Saat daftar ulang
|
26.250.000
|
II
|
Sebulan sebelum Semester 1
|
20.100.000
|
III
|
Sebulan sebelum Semester 2
|
20.100.000
|
IV
|
Sebulan sebelum Semester 3
|
20.100.000
|
V
|
Sebulan sebelum Semester 4
|
20.100.000
|
Total
|
106.650.000
|
Kelas Eksekutif B
Termin
Pembayaran
|
Jatuh Tempo
Pembayaran
|
Jumlah
(Rupiah)
|
I
|
Saat daftar ulang
|
28.750.000
|
II
|
Sebulan sebelum Semester 1
|
21.975.000
|
III
|
Sebulan sebelum Semester 2
|
21.975.000
|
IV
|
Sebulan sebelum Semester 3
|
21.975.000
|
V
|
Sebulan sebelum Semester 4
|
21.975.000
|
Total
|
116.650.000
|
Catatan :
Biaya pendidikan diatas untuk “selama masa studi normal”
Buku & biaya wisuda tidak termasuk dalam biaya pendidikan diatas.
0 Response to "Informasi dan Biaya Kuliah Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (MM UGM)"
Post a Comment